Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi pkpa hukum acara perdata - contoh contoh surat kuasa dan gugatan

Materi pkpa hukum acara perdata merupakan salah satu materi inti yang wajib dikuasai oleh peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) sebab tanpa menguasai materi ini, kelak peserta akan mengalami kesulitan-kesulitan manakala menjalankan praktik hukum acara di pengadilan.

Berikut adalah tips bagi peserta PKPA agar setelah menjadi Advokat dapat berpraktik hukum acara perdata dengan baik di pengadilan:

  1. Banyak berlatih membuat surat kuasa khusus untuk berperkara di pengadilan. Mulailah dengan membuat surat kuasa khusus yang sederhana, contohnya menjadi kuasa hukum dalam perkara gugatan cerai di Pengadilan Agama (mewakili pihak istri), perkara permohonan cerai talak di Pengadilan Agama (mewakili pihak suami) atau gugatan cerai di Pengadilan Negeri;
  2. Banyak berlatih membuat surat gugatan, mulai dari surat gugatan yang sederhana misalnya surat gugatan cerai di Pengadilan Agama atau di Pengadilan Negeri;
  3. Pilihlah mentor Advokat yang bersedia membimbing anda dalam belajar berpraktik berperkara di pengadilan. 

Dokumen-litigasi bertujuan membantu anda yang sedang belajar praktik hukum atau berperkara perdata di pengadilan, oleh karena itu kami menyediakan contoh-contoh surat kuasa khusus, contoh-contoh surat gugatan yang biasa digunakan dalam praktik.

Memiliki contoh-contoh surat tersebut diatas sangat direkomendasikan agar dapat meminimalisir kekeliruan sehingga anda dapat berpraktik hukum dengan baik.