Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi nusyuz dan penerapannya pada beberapa putusan pengadilan agama

Bila anda sedang mencari informasi tentang: apa yang dimaksud dengan nusyuz dan contohnya, makna nusyuz, apa saja yang termasuk nusyuz, kapan seorang istri dikatakan nusyuz, kini anda berada ditempat yang tepat sebab akan anda dapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut disini.

Kata nusyuz seringkali digunakan dalam praktik berperkara di Pengadilan Agama sebagai salah satu alasan diajukannya cerai talak dan membebaskan suami dari kewajiban akibat dijatuhkannya talak terhadap istri yaitu kewajiban untuk memberi nafkah masa iddah, maskan dan kiswah.

Namun tidak semua tuduhan nusyuz terhadap istri selalu dikabulkan oleh majelis hakim Pengadilan Agama, tentu tergantung terbukti atau tidak terbukti tuduhan nusyuz tersebut.

Oleh karena itu pemahaman terhadap nusyuz menjadi penting baik bagi pihak suami maupun pihak istri agar penerapan nusyuz berdasar hukum sehingga tidak merugikan pihak lain. Mulai dari definisi nusyuz, pengertian nusyuz, pendapat ahli tentang pengertian nusyuz dan praktik penerapan nusyuz di Pengadilan Agama.

Team kantorpengacaraonline.com memiliki catatan yang dikompilasi berdasarkan beberapa sumber dan termasuk praktik berperkara bersasarkan putusan  Pengadilan Agama sehingga dapat dimengerti dengan baik definisi, pengertian, dan penerapan nusyuz di Pengadilan Agama.